1.      Kurikulum berbasis akhlak mulia bertujuan untuk menanamkan karakter yang baik kepada peserta didik melalui pendidikan. Pendidikan karakter dipandang penting ditanamkan di sekolah sehingga lulusan yang dihasilkan menjadi generasi masa depan bangsa yang memiliki karakter kuat yang menjadi tolak ukur kemajuan dan kemandirian suatu bangsa. Pengembangan kurikulum ini dilakukan dengan menanamkan moralitas dan akhlak mulia dalam berbagai mata pelajaran yang diajarkan pada peserta didik. Termasuk pelajaran Fisika baik tingkat SMP maupun SMA.
Perlunya pengembang kurikulum di sekolah dalam merumuskan kurikulum pendidikan berbasis akhlak mulia yang standar kompetensinya adalah siswa memiliki pemahaman dan pengamalan yang berhasil dalam kehidupan dunia dan akhirat. Kurikulum ini menitikberatkan akhlak sebagai pondasi dasar siswa dalam belajar.  Dengan demikian ini akan sangat memudahkan bagi guru dalam menyampaikan materi pelajaran dan memudahkan siswa dalam memahami dan mengamalkan pelajaran, terutama dalam pelajaran fisika, apalagi fisika merupakan ilmu alam. Guru akan mengerti bagaimana menjadi seorang guru yang baik, siswa akan belajar bagaimana belajar yang baik.
Dengan akhlak, guru akan mendidik dan mengajar dengan kasih sayang dan perhatian yang maksimal kepada siswa. Dalam setiap pembelajaran seorang guru harus selalu mengaitkan materi pelajaran (fisika) terhadap hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan. Sehingga dalam pembelajaran fisika dapat menghantarkan terhadap nilai kebaikan dan keselematan.

Categories:

Leave a Reply