RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP N 3 Pontianak
Kelas/semester : VIII (Delapan)/ I (Ganjil)
Mata Pelajaran : IPA (FISIKA)
Pertemuan Ke- : ……………..

Standar Kompetensi
5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
5.5. Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator
Menemukan hubungan antara gaya, tekanan, dan luas daerah yang dikenai gaya melalui percobaan.
Mengaplikasikan prinsip tekanan hidrostatis dalam kehidupan sehari-hari.
Mengaplikasikan konsep tekanan zat cair pada peristiwa alam yang relevan (dalam penyelesaian masalah sehari- hari).

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
Menjelaskan tekanan dalam zat cair.
Mengamati sifat tekanan dalam zat cair.
Menyebutkan sifat-sifat tekanan dalam zat cair.
Menentukan tekanan zat cair.
Menjelaskan pemanfaatan sifat permukaan zat cair yang selalu mendatar dalam kehidupan sehari-hari.
B. Materi Pembelajaran
Tekanan

C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Eksperimen
- Observasi
- Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan ( 15 menit)
Motivasi dan Apersepsi:
Mengapa pada kaleng ringsek yang diisi air dan dilubangi, air akan keluar dari setiap lubang?
Bagaimana cara menentukan tekanan dalam zat cair?
Prasyarat pengetahuan:
- Apakah sifat-sifat tekanan dalam zat cair?
- Faktor apakah yang mempengaruhi tekanan dalam zat cair?
Pra eksperimen
- Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti (50 menit)
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
Peserta didik mendiskusikan tekanan dalam zat cair.
Perwakilan dari peserta didik diminta untuk mengambil alat hartl, wadah yang cukup besar dan dalam serta air secukupnya.
Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati sifat tekanan dalam zat cair.
Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
Peserta didik diminta untuk membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan tekanan dan gaya hidrostatis dalam zat cair.
Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan tekanan dalam zat cair yang disampaikan oleh guru.
Guru memberikan beberapa soal menentukan tekanan dalam zat cair untuk dikerjakan oleh peserta didik.
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a. Buku IPA Fisika
b. Buku referensi yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
Tes tertulis
Penugasan
Tes unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen:
PG
Uraian
Tugas rumah
Uji petik kerja prosedur
Penilaian hasil belajar
Aspek kognitif
Aspek afektif
Instrument penilaian : tes tertulis
Pedoman penskoran
Aspek Kognitif
No Kunci jawaban skor
1
2
3
Skor total


Aspek afektif
No Nama Aspek yang dinilai Jumlah skala Jumlah skor Nilai huruf
a b C d e



Keterangan:
Kolom
a : keaktifan mengerjakan tugas
b: terlibat dalam kelompok
c: mematuhi ketentuan yang berlaku
d: keaktifan bertanya
e: merespon refleksi guru
Skala nilai:
1: tidak memuaskan
2: kurang memuaskan
3: cukup
4: baik
5: sangat baik
Mengubah skala menjadi skor ∶ (jumlah skor yang diperoleh)/(jumlah skor maksimum) x 100 % =

A = 81 % - 100 %
B = 61 % - 80 %
C = 41 % - 60 %
D = 21 % - 40 %
E = 0 % - 20 %

Instrumen Penilaian
Tes uraian :
Apa yang mempengaruhi tekanan pada zat cair !
Jawaban :
p_H= ρ.g.h
Tinggi permukaan zat cair dan massa jenis zat cair, percepatan gravitasi bumi mempunyai nilai yang relative sama.
Skor : 20
Apa yang mempengaruhi gaya hidrostatis !
Jawaban :
F_(H )=p_H A= ρ.g.h.A
Dari perumusan diatas gaya hidrostatis dipengaruhi oleh massa jenis, percepatan gravitasi bumi, kedalaman dan luas permukaan.
Skor : 20
Sebuah benda berada pada titik yang berjarak 10 cm dari dasar tabung yang berisi air dengan massa jenis 1.000 kg/m3, jika tinggi air dalam tabung 50 cm dan percepatan gravitasi bumi 10 m/s2. Maka tekanan hidrostatis nya adalah…
Dik : h = 50 cm – 10 cm
= 40 cm atau 0,4 m
g = 10 m/s2
ρ=1.000 kg/m^3
Dit : p =…..
Jawab :
p= ρ.g.h
p= (1.000 kg/m^3 )( 10 m/s2)(0,4m)
= 4.000 N/m
Skor : 30
Made menyelam kedalaman 300 m dibawah permukaan laut. Dimana percepatan gravitasi bumi 10 m/s2 dan massa jenis air laut 1.240 kg/m3. Tekanan yang dialami made sebesar. . . .
Jawaban :
Dik : h = 300 m
g = 10 m/s2
ρ=1.240 kg/m^3
Dit : p =. . . .
Jawab :
p= ρ.g.h
= (1.240 kg/m^3)( 10 m/s2)(300m) = 3,72 x 10-6N/m2
Skor : 30
Alat/Bahan/Sumber Belajar
spidol
Whiteboard
Buku Modul/pegangan siswa/ LKS/Buku lain yang relevan

Mengetahui , Pontianak, November 2010
Guru Pamong Mahasiswa PPL



KATHARINA S, S.Pd A S Y H A R I
NIP. 19571112 198003 2 007 NIM. F 03107024

Categories:

Leave a Reply