1. 

No
Aspek
Kurikulum 1994
Kurikulum 2004/KBK
Kurikulum KTSP
1
Filosofis
Struktur keilmuan yang menghasilkan isi mata pelajaran.”daya serap kurikulum”

Struktur keilmuan dan perkembangan psikologis siswa. Sehingga berdasar pada kompetensi lulusannya

Struktur keilmuan dan perkembangan psikologis siswa dan Standar Kompetensi Lulusan
2
Tujuan
Agar siswa menguasai materi yang tercantum dalam GBPP

Semua siswa memiliki kompetensi yang ditetapkan

Semua  siswa berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya berdasarkan kompetensi yang ditetapkan.

3
Sifat
Bersifat populis, yaitu yang memberlakukan sistem kurikulum untuk semua siswa diseluruh Indonesia.
Cenderung Sentralisme Pendidikan : Kurikulum disusun oleh Tim Pusat secara rinci; Daerah/Sekolah hanya melaksanakan
Cenderung Desentralisme Pendidikan : Kerangka Dasar Kurikulum disusun oleh Tim Pusat; Daerah dan Sekolah dapat mengembangkan lebih lanjut.
4
Subtansi materi

Semua materi ditentukan oleh pemerintah

Pemerintan menetapkan kompetensi yang berlaku secara nasional dan daerah/sekolah berhak menetapkan standar yang lebih tinggi sesuai kemampuan darah/sekolah

Pemerintah menetapkan kompetensi yang berlaku secara nasional dan semua sekolah /satuan pendidikan wajib membuat KTSP. Dimana silabus merupakan bagian tidak terpisahkan dari KTSP dan guru harus membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
5
Cara Pembelajaran

·         Ceramah
·         Guru dipandang sebagai sumber belajar

·         Siswa aktif
·         Mengembangkan berbagai metode pembelajaran
·         Guru sebagai fasilitator

·         Siswa aktif
·         Mengembangkan berbagai metode dan model pembelajaran
·         Menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan meman-faatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.

Categories:

Leave a Reply