Kondensator adalah suatu alat yang mempunyai kemampuan untuk memuat (menyimpan) elektron-elektor atau tenaga listrik selama waktu yang tidak tertentu. Kemampuan untuk menyimpan tenaga listrik pada kondensator disebut kapasitas (Capacitor) kondensator. Penyimpanan tenaga listrik oleh kondensator disertai proses kimia; berbeda dengan akumulator yang dipakai dimobil yang juga menyimpan tenaga listrik tetapi mengalami proses kimia. Tiap-tiap kondensator mempunyai daya tampung elektron dan daya tahan terhadap tegangan tertentu..

Kapasitor terdapat 2 macam, yakni kapasitor bipolar dan kapasitor nonpolar. Kapasitor bipolar mempunyai polaritas negative (-) dan polaritas positif (+) maka kapasitor bipolar tidak boleh terbalik dalam pemasangannya. Sedangkan kapasitor nonpolar ialah kapasitor yang tidak mempunyai polaritas, maka dalam pemasangannya tidak akan masalah walaupun terbalik posisinya.

Besarnya kapasitas dari kondensator dinyatakan dengan satuan farad (F) dan notasinya ditulis dengan huruf capital C. Dalam praktek biasanya satuan Farad (F) dianggap sangat terlalu besar, sehingga dalam pemakaiannya satuan farad diperkecil menjadi:

Mikro Farad disingkat µF
Nano Farad disingkat nF
Piko Farad disingkat pF

Perbandingan satuan-satuan tersebut adalah:

1 Farad (F) = 1.000.000 µF (µF=mfd)
1 mikro Farad (µF) = 1.000 nF
1 nano Farad (nF) = 1.000 pF

Tujuan penggunaan kapasitor dalam suatu rangkaian elektronika adalah dengan maksud:

1. Sebagai kopling antara rangkaian yang satu dengan yang lainnya (pada rangkaian Power Supply).
2. Sebagai filter dalam rangkaian Power Supply.
3. Sebagai pembangkit frekuensi dalam rangkaian antenna.
4. Menghilangkan bouncing (loncatan api) bila di pasang pada saklar.

Untuk mengetahui nilai kapasitor pada ponsel tentu akan terasa sulit sebab nilainya tidak tertulis pada badan kapasitor tersebut, berbeda dengan resistor kita dapat mengetahui nilainya dengan menggunakan alat ukur AVO-meter, kapasitor tidak dapat diketahui nilai kapasitasnya, oleh karena itu anda hanya dapat mengetahuinya lewat skema diagram ponsel tersebut.