Suparno (2005:8) menyatakan bahwa miskonsepsi adalah suatu konsepsi yang tidak sesuai dengan konsepsi ilmuwan. Jika konsepsi terjadi sebelum siswa menerima penjelasan di sekolah disebut prakonsepsi. Miskonsepsi dan prakonsepsi sangat sulit diubah karena sangat kuat dipegang siswa (Katu dalam Marisa Handayani : 2008:21).
Menurut kelompok Konstruktivisme, paling tidak ada empat hal dapat menimbulkan miskonsepsi yaitu pengalaman, hasil pengamatan, kemampuan berpikir dan kemampuan berbahasa. Selain faktor dari dalam diri siswa, ada hal-hal yang berasal dari luar diri siswa juga menimbulkan miskonsepsi. Misalnya guru, buku ajar, dan sumber-sumber belajar yang lain (Sutrisno, Kresnadi dan Kartono, 2007: 3-6) .

Menurut Suparno (2005:34) miskonsepsi dalam bidang fisika banyak berasal dari siswa sendiri. Miskonsepsi yang berasal dari siswa dapat dikelompokkan dalam beberapa hal, antara lain:
1) Prakonsepsi atau konsep awal siswa
2) Pemikiran asosiatif
3) Pemikiran humanistik
4) Reasoning yang tidak lengkap/salah
5) Intuisi yang salah
6) Tahap perkembangan kognitif siswa
7) Kemampuan siswa
8) Minat belajar siswa
Menurut van de Berg (1991 : 17), ciri-ciri miskonsepsi yang diringkas dari Osborne dan Fleyberg (1985), Driver et all (1985), Gilbert dan watts (1983), Hasweh (1986), Halloun dan Hestenes (1985) adalah :
a. Miskonsepsi sulit sekali diperbaiki.
b. Sering kali “sisa” miskonsepsi terus menerus mengganggu. Soal-soal yang sederhana dapat dikerjakan, tetapi dengan soal yang sedikit lebih rumit, miskonsepsi muncul lagi.
c. Sering kali terjadi regresi, yaitu siswa yang sudah pernah mengatasi miskonsepsi, beberapa bulan kemudian salah lagi.
d. Dengan ceramah yang bagus, miskonsepsi tidak dapat dihilangkan atau dihindari.
e. (Maha)siswa yang pandai dan yang lemah kedua – duanya punya miskonsepsi.
b) Penelitian miskonsepsi tentang teori kinetik gas
Wandersee, Mintzes dan Novak (dalam Suparno, 2005 : 11) menjelaskan bahwa miskonsepsi terjadi dalam semua bidang fisika. Dari 700 studi mengenai miskonsepsi terjadi dalam semua bidang fisika, ada 300 yang meneliti tentang miskonsepsi tentang mekanika ; 159 tentang listrik ; 70 tentang panas, optika, dan sifat-sifat materi ; 35 tentang bumi dan antariksa; serta 10 studi mengenai fisika modern.

Categories:

One Response so far.

  1. mikum kak, q lina masih kuliah smt 3 bisa minta jurnal yang terkait sama miskonsepsi g?

Leave a Reply