1.    Cara Penggunaan Mikrometer Sekrup
a.       Putarlah selubung luar mikrometer sekrup berlawanan arah putaran jarum jam sehingga benda yang diukur dapat masuk diantara kedua rahang (antara rahang geser dan rahang tetap)
b.      Letakkan benda yang akan diukur diantara kedua rahang.
c.       Geserlah selubung luar searah perputaran jarum jam sehingga rahang geser bergerak ke kiri sedemikian sehingga benda yang diukur terjepit oleh kedua rahang
d.      Catatlah hasil pengukuran anda
2.   Pembacaan Hasil Pengukuran Menggunakan Mikrometer Sekrup
Untuk membaca hasil pengukuran menggunakan mikrometer sekrup dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut (Tim Penyusun, 2003:7) :
a.       Dalam pembacaan skala, mata pengamat harus tegak lurus pada skala yang akan dibaca, hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kesalahan paralaks.
b.      Bacalah skala utama pada selubung dalam yang berimpit atau skala terdekat tepat di batas ujung selubung luar.
c.       Bacalah skala nonius pada selubung luar  yang tepat berimpit dengan garis mendatar pada skala utama.

3.   Pelaporan Hasil Pengukuran Menggunakan Mikrometer sekrup
a.       Pada Pengukuran Tunggal
Mikrometer sekrup yang umumnya dipakai memiliki 50 skala pada selubung luar, maka 1 skala pada selubung luar sama dengan jarak maju atau mundur rahang geser sejauh 0,5 mm/50 = 0,01 mm. Jadi skala terkecil mikrometer sekrup adalah 0,01 mm atau 0,001 cm.
Hasil pembacaan skala pada mikrometer sekrup dapat diperoleh dengan persamaan 2.4 dan hasil pelaporan hasil pengukuran dapat diperoleh dengan persamaan 2.5 .
b.      Pada Pengukuran Berulang
      Pelaporan hasil pengukuran pada pengukuran berulang diperoleh dengan persamaan 2.6.

Categories:

Leave a Reply